Sejarah Organisasi

SEJARAH BERDIRINYA ORGANISASI SENI RELIGI IPB

 

     Cikal bakal terbentuknya Seni Religi IPB terjadi pada tanggal 27 Maret 2016 setelah tim hadroh IPB menjuarai lomba Grand Festival Rebana Nasional (GFRN) di Institut Teknologi Bandung sebagai juara pertama. Semangat mengorganisir diri itu muncul ketika delegasi IPB mengikuti sarasehan para mahasiswa pegiat seni Islami di sela-sela kegiatan GFRN. Sebagai salah satu kampus negeri ternama di Indonesia, IPB merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri yang belum memiliki UKM sebagai wadah pengembangan prestasi khusus di bidang seni Islami diantara seluruh peserta yang hadir. Setelah melalui berbagai tahapan, akhirnya terbentuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebagai peraturan tertinggi organisasi. Seni Religi IPB dipilih sebagai nama organisasi dengan maksud dapat mewadahi seluruh kelompok seni Islami yang ada di IPB. Peristiwa yang terjadi pada tanggal 27 Maret 2016 kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Seni Religi IPB. Seni Religi IPB di bina oleh Dr Ir Dwi Hastuti, MSc.
    Musyawarah besar pertama yang berlangsung di Gedung PKM IPB memutuskan untuk mengangkat Ahmad Nuruddin Zanki Widiyantoro selaku inisiator terbentuknya organisasi sebagai ketua Seni Religi IPB pertama dengan mandat dan tugas termuat dalam AD ART. Awal terbentuk, Seni Religi IPB memiliki 5 bidang pembinaan yaitu Tilawatil Qur’an, Kaligrafi, Hadroh, Nasyid, dan Marawis yang dinaungi dalam tiga jenis divisi yaitu Seni Qur’ani, Seni Klasik, dan Seni Modern. Selain ketiga divisi tersebut, organisasi dilengkapi dengan adanya Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Divisi Public Relations.
    Seiring berkembangnya organisasi, cabang seni yang dihimpun dan dibina terus bertambah. Pada tahun 2018 Seni Religi membuka bidang pembinaan baru yaitu Syarhil dan Qosidah. Pada tahun yang sama, Seni Religi disahkan sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa IPB bidang seni setelah lolos verifikasi yang dilakukan oleh pihak kampus. Hal ini menambah motivasi organisasi untuk senantiasa berusaha mencapai hasil yang terbaik.